KEANEKARAGAMAN GENETIK NANAS (Ananas comosus L. Merr) DI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGI

 

KEANEKARAGAMAN GENETIK NANAS (Ananas comosus L. Merr) 

DI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU BERDASARKAN

KARAKTER MORFOLOGI

 

(GENETIC DIVERSITY OF PINEAPPLES (Ananas comosus L. Merr) IN

KAMPAR REGENCY RIAU PROVINCE BASED ON

MORPHOLOGICAL CHARACTERS)

 

 

Efa Riana1, Ninik Nihayatul Wahibah2, Nery Sofiyanti2

1Mahasiswa Program Studi Biologi, Sekolah Pascasarjana IPB, Bogor

2Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau, Pekanbaru

Kampus Bina Widya Jl. HR. Subrantas Km. 12,5 Pekanbaru

nnwahibah@gmail.com

 

 

ABSTRACt

 

Kampar regency is one of center of pineapple farmings in Riau. Kampar pineapples are particularly known as sweet pineapples.  The objective of this research was to analyze the genetic diversity of pineapple in Kampar Regency Riau Province based on morphological characteristics.   Fifteen samples were taken using random purposive sampling technique which were then characterized morphologically according to the  descriptors for pineapples.       Result of the study showed that Manhattan genetic distanceamong 50 plants based on morphological traits was  0,247-0,878.  All of individual plants were grouped at the dissimilarity level of 73%.   These data indicated that Kampar pineapples could harbor a wide range of genetic variation which may need further confirmation especially by molecular assessment.     

 

Keywords :Kampar Regency, morphological character, pineapples.

 

 

ABSTRAK

 

Kabupaten Kampar merupakan salah satu sentra pertanian nanas di Provinsi Riau.  Nanas yang berasal dari Kampar dikenal terutama karena rasa manisnya.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman genetik nanas yang berasal dari Kabupaten Kampar Provinsi Riau berdasarkan karakter morfologi.  Sebanyak 50 sampel diambil secara acak dan dikarakterisasi secara morfologi berdasarkan deskriptor nanas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak genetik berdasarkan koefisien Manhattan antar individu nanas berkisar 0,247-0,878.  Seluruh individu mengelompok pada tingkat ketidakmiripan 73%.  Data ini mengindikasikan bahwa nanas Kampar dapat mempunyai variasi genetik yang cukup luas meskipun ini memerlukan penelitian lebih lanjut terutama di tingkat molekul.

 

Kata kunci  : Kabupaten Kampar, morfologi, nanas

 

 

1  PENDAHULUAN  

Kabupaten Kampar   merupakan salah satu sentra penanaman  nanas (Ananas comosus L. Merr)di Provinsi Riau.  Buah nanas yang berasal dari wilayah ini dikenal oleh masyarakat Riau terutama karena mempunyai rasa manis dan segar.  Nanas di Kampar pada umumnya ditanam di lahan yang terletak tak jauh dari  rumah petani nanas.  Hingga saat ini, pertanian nanas di Kampar hanya dilakukan oleh masyarakat tempatan dengan metode yang masih traditional di atas lahan gambut [1].  Saat ini luas tanam nanas di Kampar juga cenderung menurun karena pemilik lahan lebih tertarik untuk menanam kelapa sawit karena dianggap lebih menguntungan [2].    Apabila kondisi ini dibiarkan maka sumberdaya genetik nanas Kampar dikhawatirkan dapat menurun. 

Plasmanutfah nanas di Kabupaten Kampar menyimpan potensi dikembangkan apalagi saat ini banyak tumbuh industri rumah tangga pengolahan nanas di wilayah tersebut.  Pengembangan tanaman memerlukan informasi dasar mengenai variasi genetik  yang dimiliki oleh tanaman tersebut.  Tinjauan aspek genetika nanas di Kampar saat ini belum tersedia, oleh karena itu perlu dilakukan analisis keanekaragaman genetik nanas yang tumbuh di wilayah tersebut.

Kajian keanekaragaman genetik tanaman dapat melalui pendekatan morfologi.   Karakterisasi morfologi sangat diperlukan untuk memfasilitasi pemanfaatan plasmanutfah oleh pemulia tanaman.  Studi fenotipik plasmanutfah merupakan pencatatan karakter yang teridentifikasi secara jelas dan terwariskan  [3].  Oleh karena Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman genetik nanas yang tumbuh di Kabupaten Kampar berdasarkan karakter morfologi. Informasi yang diperoleh  diharapkan dapat menjadi database kekayaan plasmanutfah nanas yang telah beradaptasi secara baik dengan lokasi di Provinsi Riau    untuk pengembangan atau pemuliaan nanas.